Air cucian beras bermanfaat untuk wajah

Cucian air beras katanya bagus buat kulit? Benarkah? Yuk kita bahas.

Saat aku hamil, aku stop memakai skincare ataupun makeup. Katanya dari info yg aku dapat ga boleh yg lagi hamil memakai perawatan yg berbahan kimiawi. Katanya bisa ngaruh ke janin. Ya mungkin ga semuanya bisa ngaruh atau ga itu tergantung juga pada individunya ya. Dan ga semua perawatan skincare ataupun makeupnya punya bahan kimiawi ya tinggi.  

Sumber : Milik pribadi an elfinayunisari


Nah saat hamil mertuaku rekomendasiin pake air cucian beras agar wajah lebih cerah dan segar. Aku jadi teringat ibuku dulu juga sering cuci muka pake air cucian beras. Kata ibuku air cucian beras ini tinggi vitamin B jadi bagus untuk kulit dan wajah. Karena didalam air cucian beras mengandung karbohidrat, protein dan vitamin B dari permukaan beras yg terkikis. Beberapa penelitian pun menyatakan hal yg sama bahwa air cucian beras mengandung vitamin B yg bagus buat kulit, wajah, rambut. Tak hanya itu air cucian beras pun juga bisa dimanfaatkan untuk membuat nata de leri, semacam nata de coco gtu deh. Dan juga bermanfaat sebagai pupuk tanaman, juga

Pada umumnya manfaat vitamin B untuk wajah sebagai berikut*: 

*sumber dari : https://www.suara.com/lifestyle/2020/09/28/063421/9.


1. Mencegah Penuaan

Vitamin B kompleks, terutama vitamin B1, dapat membantu melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas — molekul yang memecah sel sehat dan berkontribusi pada munculnya prossses kulit baru.

2. Mempertahankan kelembapan

nicotinamide, turunan dari vitamin B3 (niacin), telah terbukti menungkatkan kemampuan epidermis lapisan kulit paling atas,  untuk mempetahakan kelembapan. Hasilnya kulit lebih lembut dan halus, terhindar dari kekerinfan dan masalah kulit terkelupas, serta penguranggan garis garis halus.

3. Mengurangi flek hitam
Selain itu, nikotinamida juga bisa menjadi agen pencerah kulit yang efektif jika ditambahkan ke pelembap dan krim topikal lainnya. Dengan cara ini, vitamin B dapat meringankan masalah flek hitam yang muncul di wajah

4. Mencegah hiperpigmentasi
Vitamin B12 membantu mengatur produksi dan lokasi pigmen kulit, mencegah proses hiperpigmentasi — penggelapan kulit di bagian tertentu tubuh.


5. Meminimalkan berjerawat
Vitamin B5 dapat membantu menghilangkan jerawat dengan membantu tubuh memecah minyak penyebab jerawat berupa trigliserida dan kolesterol.


6. Membantu penyembuhan luka
Vitamin B5 juga membantu mempercepat penyembuhan luka pada kulit. Hal ini paling efektif bila penggunaannya dikombinasikan dengan vitamin C.


7. Melindungi dari sinar UV
Vitamin B melindungi dari sinar UV matahari yang berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan kulit akibat sinar matahari.


8. Memerangi penyakit kulit
Juga dikenal sebagai niacin, vitamin B3 dapat membantu memperbaiki kondisi kulit, membantu mengobati rosacea, jerawat, eksim, dermatitis. Selain itu, biotin, atau vitamin B7, dapat membantu mencegah ruam, dermatitis, psoriasis, eksim, dan jerawat.


9. Mengurangi iritasi kulit
Vitamin B membantu mengurangi kemerahan, kulit bersisik, dan iritasi kulit umum lainnya.

Berdasarkan manfaat tersebut, beberapanya sudah terbukti berdasarkan pengalaman pribadi.

Dari pengalaman mertuaku memang air cucian beras ini mencegah penuaan dam memgurangi brutusan brutusan kecil di muka.

Lalu pengalaman ibuku juga demikian, kukit jadi lembab, mengurangi jerawat dan membantu mencerahkan juga serta mengurangi flek hitam.

Penglamanku saat hamil, memang bemer terbukti air cucian beras bisa sebagian membantu meredakan dan menghilangkan brutusan dan gatel wajahku yg timbul dr efek stop pengunaan skincare. Setelah reda dan adem aku ga begitu rutin aku pakenya hanya sesekali.

Beberapa waktu ini aku coba untuk rutinkan pakai air cucian berasnya. Biar tau hasil yg didapat saat kondisi normal (bukan kondisi hamil / muka brutusan)

Saat mw masak nasi aku tampung dulu ditempat bersih seperti foto dibawah ini. Tapi kadang, bisa langsung aku cucikan aja ke wajahku.

Sumber : Milik pribadi an elfinayunisari
Foto 2 air cucian beras yg udah ditampung


Cuci wajah ini tiap pagi saat aku mau masak nasi. Langsung aja diguyur bilas gitu ke muka. Tapi ada beberapa dari literatur, menjelaskan cara pemakaianya dengan mencelupkan kapas ke air cucian beras lalu tepuk tepukan ringan ke muka. Ada juga dengan merendamkan kapas sebentar lalu didiamkan di muka (semacam kompres ke muka)
Untuk teknisnya sih itu tergantung pribadi gimana mau pakenya bisa sesuai dengan kebutuhanya.

Hasilnya dari aku dapet nih mukaku ga terlalu kusam dan  mukaku lembab dan ga kering.
Tapi menurutku  untuk mencerahkan ini jauh kalau dibandingkan dengan kecepatan pencerhan bahan alami lainyaa ya.
Di aku ga terlalu bikin cerah.

Lanjut ya, untuk meratakan wrna kulit iya ini brpengaruh di aku. Kulitku ga belang ya. Biasanya org berjilbab itu belang ya antara muka yg ketutup jilbab ama yg ga ktutup jilbab.

Untuk menghilangkan flek hitam iya ini lumayan berpengrauh di aku ya. Aku kdg suka jail suka banget pencetin jerawat trus berbekas gtu dn ksg suka menghitam. Nah ini luamyan berkurang dan samar sejak dibantu dg air cucian beras ini.

Untuk menghilangkan jerawat, ini rasanya belum dapat ya di aku. Karena kulit wajahku bukan type jerawatan. Tapi sejak pakai air cucian beras sesekali muncul semacam jerawat tp bukan jerawat.  Kenapa aku bilang bukan jerawat? Krn ga ada matanya dan ga sakit jg, trus kalau dipencet ga keluar apa apa.
Jadi kayak bentol gtu yg kdg ngempes sendiri dan hilang sendiri
Menurutku ini efek mengeluarkan minyak atau kotoran diwajah
Tapi di aku ngaruh mengecilkan pori pori diwajah

Tapi secara keseluruhann manfaat air cucian beras ini banyak lho. Apalagi skrg ada faciall foam yg pakai kandungan kulit beras atau kulit padi gitu yg aman dipake untuk Busui dan bumil.
Untuk liat hasil yg lebih maksimal bisa lebih dirutinkan pakainya dan dalam jangka lama biar tau hasilnya secara maksimal.




Komentar

  1. aku baru tahu loh air cucian beras manfaatnya begini. btw, blognya jangan warna item dong makk.. agak susah baca tulisannya huhuu

    BalasHapus
  2. Makasiiih mom udah diingetin lagi cuci muka pake yang alami.. jaman sekolah dulu aku rutin banget loh.. semenjak udah cari duit sendiri senengnya pake facial foam😅🤭

    BalasHapus
  3. Akuu juga samaa kak suka iseng mencetin jerawat jadi bnyak bekas jerawat nih dimuka, boleh juga nih coba pake air cucian beras. Good infoo

    BalasHapus
  4. Ini air cucian berasnya perlu diremdam berapa lama dulu gitu gak sih?

    BalasHapus
  5. bun, saran, layarnya jangan warna item. jadi gak bisa baca tulisannya. :(

    BalasHapus
  6. klo ini bneram aku batu tau manfaatnya loh kaa, tp boleh dicantumin sumbernya drmn ga ka?? biar validbimformasinya..
    trima kasih 😍😍

    BalasHapus
  7. Yah selama ini aku buang air tajinnya, kdg buat nyiram bunga. Yaudh deh bsk coba cuci muka pakai tajin 😍

    BalasHapus
  8. Sering denger juga nih manfaat cucian beras ternyata beneran work yah

    BalasHapus
  9. Pantesan mama ku slalu pake air beras ini untuk cuci muka, aku gatau kalo manfaatnya segitu bagus astaga. Besok aku mau coba ah makasih ya mom sharingnya

    BalasHapus
  10. Bener banget sih ini mom, air cucian beras bagus banget buat wajah, aku malah belom praktek😍

    .nadia.

    BalasHapus
  11. Saya pernah dengar therapy ini, tapi saya belum pernah coba. Oh therapy agar bisa masalah teratasi seperti beruntusan itu butuh waktu berapa lama?

    BalasHapus
  12. Waah baru tahu akuu, bisa banget nanti dicoba. Makasi infonya yaa kak

    BalasHapus
  13. Wah bisa ngecilin pori pori juga ya.. Bisa dicoba ni.. Pori pori muka termasuk yg besar ni mom

    BalasHapus
  14. Aku pernah coba. Tp rasanya knpa agak gatel ya. besok aku coba lagi deh

    BalasHapus
  15. Iya nih orang jaman dulu slalu memanfaatkan air cucian beras ini untuk kecantikan

    BalasHapus
  16. Iya air cucian beras buat wajah segar alami

    BalasHapus
  17. Aku baru tau loh metode ini, ternyata ampuh juga ya🤗

    BalasHapus
  18. ibuku jg pernah cerita dulu wktu masih gadis cuci mukanya pake air cucian beras

    BalasHapus
  19. Baru tau kalo air cucian beras bisa untuk mutihin wajah. Nanti aku coba ahh..

    BalasHapus
  20. sebagus itu ya? emang sih kayak brand jepang jg ada yg pake beras yg harganya mahal banget. Tapi ini berarti cuci mukanya tergantung masak berasnya kapan dong? boleh disimpen di kulkas gak?

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, asslamualaikum :)
Gimana bacaanya ? :)
Yuk tinggalkan komentarnya setelah membaca ya dengan baik :)
Dan Jadi orang baik dan sopan iu gratis lho :)

Postingan Populer