TIPS UNTUK BUMIL YANG MAU USG


Bismillahirahmanirahim.

Halo !!!

Ini tulisan terbaru saya setelah lama sekali tidak menulis diblog. Terakhir saya ingat nulis waktu zaman kuliah ya kira kira tahun 2013an kali ya. Itupun waktu zaman semester 4 kalau ga salah, hehe Dulu tulisan di blog masih tulisan labil zaman anak kuliah, masih suka curhatan kuliah dulu, tugas kuliah, cerita cinta aku, terus ya begitulah hahah. Tapi udah aku privat kok ️. Sekarang aku mau fokusin tulisan agar bisa bermanfaat untuk orang lain. 

Nah kali ini aku mau coba share tentang TIPS UNTUK PARA BUMIL YANG MAU USG 

Biasanya untuk usg 4 dimensi dilakukan saat mau masuk atau ditrisemester ke3 ya kira kira diantara bulan 6 hingga 8 bulan. Buat lihat kondisi baby kita didalam kandungan, kondisi posisi baby, detak jantungnya, semua alat indranya, kelengkapan jemarinya dan dia lagi ngapain gitu ya didalam kandungan. Kadang aku suka penasaran juga sih lagi ngapain ya kamu disana? pengen usg terus tapi kan ga boleh katanya. USG cuma boleh minimal 4-6kali dalam selama kehamilan. Alasan detail medisnya sih ga terlalu paham, yang jelas alasan keuangan aku sangat paham. hahah usg 4 dimensi kan lumayan ya biayanya. Waktu aku tinggal di Bogor biayanya bisa merogoh kocek hingga 800rbuan lebih ama vitamin dan visit dokter. 

Tips pertama :

Wajib makan dengan enak dan nikmat sebelum usg ya mom.

Ini penting biar babynya ga lari atau muter gitu dalam kandungan. Soalnya pengalaman aku banget nih, aku lapar saat cek usg. Alhasil susah sekali dapat posisi yg pas saat baby bisa ditake picturenya dan melihat wajah nya dia mirip siapa ayahnya atau ibunya hehe. Dari dokter kandunganku udh bisa nebak, pasti si Ibu belom makan ya. Untung dokternya ramah, jadi mau bersabar. Dan kebetulan ini tempt praktek yg time visitnya ga dibatasin atau diburu buru antrian pasien. Dari dokternya disaranin untuk next usg wajib makan dulu atau cemilin coklat dan es cream, biar anaknya anteng kalem saat usg. Begitu ya mom heheh. Ini aku share foto foto usg 4d saat babyku, masih keliatan kurang jelas krn ya itu lari lari babyku krn lapar :D




Tips KEDUA: Banyak Belajar  bahasa bahasa yg ada didalam usg

Menurutku ini penting ya moms, karena biar kita ga awam awam banget dan nyambung saat konsultasi dengan dokternya. Dan tidak salah dalam membaca hasil usgnya.  Adapaun bahasa yang aku maksud ini liat difoto ya.



  • BPD atau Biparietal Diameter
    BPD atau Biparietal Diameter menunjukkan ukuran tulang pelipis kiri dan kanan. Ya kurang lebih perkiraan ukuran wajahnya ya mom,
  • AC atau Abdominal Circumferencial
    AC atau Abdominal Circumferencial merupakan perkiraan ukuran lingkar perut janin. Yg ini aku masih belum paham bgt mom.
  • FL atau Femur Length
    Sementara untuk FL atau Femur Length merupakan keterangan terkait ukuran panjang tulang paha janin. Kurang lebih dari paha ke kaki ya, tapi disini udh dpt gambaran kurang lebih tinggi baby berapa cm
  • EFW atau Fetal Weight
    EFW atau Estimate Fetal Weight merupakan keterangan mengenai  berat janin dalam kandungan. Ini gabungan dariAC, BPD, FL. Di foto ditulis juga +- 138gr bisa lebih 138 bisa kurang 138gr

 kurang lebih begitu ya mom, jadi kita tau betul informasi detailnya.


Tips Ketiga :

TENANG dan JANGAN CEMAS dan Perbanyak minum Air Putih

Saat usg tentu kita juga cek organ dalamnya paru jantung dan lainya, diantaranya detak jantung anak. Jadi biar bisa cek gimana keadaan didalam tubuh baby kita. Sehat, Normal begitu ya mom. Dan mom wajib Tenang dan jangan cemas. Nah Ini bisa mempengaruhi ritme detak jantung baby kita moms. Kalau kita cemas, nanti ritme detak jantung anaknya cepat. NAH!!! Ini dilarang sama dokter. Kalau detak jantung anak cepat atau terlalu cepat bisa menyebabkan kandungan strees, begitu katanya. Untuk mengurangi hal itu, kita harus tenang dan banyakin minum air putih. 

 

Burung IRIAN, Burung Cendrawasih, Cukup Sekian, Terimakasih.

Kurang lebih begitu mom tips dan sharing dari pengalaman aku ya, semoga bermanfaat, semoga membantu. Next time kita bisa lanjutkan lagi tips tips berikutnya.



Komentar

  1. Makasih banyak moms tipsnya.. bener banget sih kalo mau usg harus makan enyak dulu wkwk

    BalasHapus
  2. Makasiih mom.. bermanfaat banget.. aku juga lagi atur jadwal buat usg 4D

    BalasHapus
  3. Makasi sudah sharing ya mom. Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  4. iya bener beb, aku juga seneng pelajarin bahasa2 yg ada di print-an usg. Biar kita tau info2 apa yg ada hihi

    BalasHapus
  5. Tipsnya bermanfaat banget mom.. makasih sharingnya, next anak ke 2 pengen USG 4 dimensi juga ☺️

    BalasHapus
  6. Bener banget mom, waktu usg 4d si dedek gamau liatin mukanya, kita sedih kan yaa jadinya haha next hamil bisa dicoba nih tipsnya. Makasiii yaaa

    BalasHapus
  7. Makasih ya kak tips nya bermanfaat banget buat nambah ilmu kedepannya

    Sri lestari

    BalasHapus
  8. Baru tau ternyata harus makan dulu.. Pantes aja dulu pas usg muter" terus..

    BalasHapus
  9. waah.. terimakasih banyak sharingnya.. aku pas hamil anak pertama ngga pernag usg 4dimensi.. hihi.. buat persiapan anak kedua deh (eh kapan?aminin dulu aja ya buibuk) :D

    BalasHapus
  10. Makasih mom tipsnya🤗 btw, di Cirebon aku USG 4D cuma 150rb tanpa vitamin tapi ya hehe

    BalasHapus
  11. Wah jadi pengen hamil lagi. Ehhh.. Hehhe Seru ya liat dedek pas masih di dlm perut, gemess

    BalasHapus
  12. seru ya mom jaman-jaman kehamilan itu, banyak cerita dan kenangan indah nya..

    BalasHapus
  13. Wuaaah terimalasih mom, telah berbagi tips bumil yg mau usg,

    Bismillah semoga diriku bisa menyusul hamil ya mom, lg ikhtiar terus ni promil. Bismillah tahun ini bisa hamil anak pertama aku. Aamiin 🙏

    BalasHapus
  14. Wuaaah terimakasih share info tip bumil yg mau usg.


    Doain aku yaaa bisa menyusul dan bisa USG liat calon buah hati. Hihihihi lagi ikhtiar program hamil.

    BalasHapus
  15. Wuaaah terimakasih share infonya mom, doain aku yaaa semoga bisa menyusul lg promil soale mom. Aamiin

    BalasHapus
  16. Makasih banyak mam tipsnya m
    Manfaat bngt nih

    BalasHapus
  17. waah aku telat tau tipsnya biar dedenya gk lari2 pas usg , tp thankyou mom infonya mgkn nanti klo ada rencana hamil bisa diterapin tipsnya hehee

    BalasHapus
  18. Wahh makasih infonya mom.. aku lagi mau promil nih.. mgecek2 tentang usg ketemu blog ini .. intinya kita harus tenang ya supaya janin di dlm perut pun ga stress.

    BalasHapus
  19. Wah, baru tau nih, kalau mau USG makan dulu, biar anaknya mau muter di dalam perut,, kuncinya makan enak & nikmaat,, 🤗 Ilmu baruu nih,, makasih maakk 🤩

    BalasHapus
  20. Eh baru tahu kalo mau USG nggak boleh laper soalnya selama ini selalu kenyaaanggg hihihi

    BalasHapus
  21. Makasih sekali infonyaa, sangat membantu sekali mom

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, asslamualaikum :)
Gimana bacaanya ? :)
Yuk tinggalkan komentarnya setelah membaca ya dengan baik :)
Dan Jadi orang baik dan sopan iu gratis lho :)

Postingan Populer